Mar 25 2010

Profile

Published by

Saya Yuyu Yulia dilahirkan 55 tahun yang lalu di Cirebon dan dibesarkan di Tasikmalaya sampai menyelesaikan pendidikan lanjutan atas di SMA Negeri 2 Tasikmalaya.  Pada tahun 1979 lulus sebagai sarjana pertanian bidang agronomi di IPB. Mulai tahun 1985 sampai sekarang bekerja  di Perpustakaan IPB, dan pada tahun 1989 mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan gelar ganda bidang ilmu perpustakaan di Fakultas Sastra Universitas Indonesia.  Pada tahun 1995 lulus program magister bidang ilmu informatika program studi ilmu perpustakaan di Universitas Indonesia.  Selain bekerja di Perpustakan IPB,sejak tahun 1988 juga sebagai staf pengajar pada Fakultas Politeknik Pertanian IPB program studi  Perpustakaan dan Informatika Pertanian.   Mata kuliah yang diasuh pada waktu itu adalah sirkulasi bahan pustaka, kemudian pengolahan bahan pustaka.  Mulai tahun 2006 sampai sekarang tercatat sebagai staf pengajar  program  studi Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan  (MTIP) Sekolah Pascasarjana IPB.  Dan mata kuliah yang diasuh adalah Organisasi Informasi.  Sampai saat ini masih menduduki jabatan pustakawan madya yang merupakan  jabatan fungsional dalam bidang perpustakaan.

Pada tahun 1993  ikut membantu dalam penulisan modul Materi Kuliah Pengadaan Bahan Pustaka di Universitas Terbuka.  Setiap lima tahun sekali modul yang diterbitkan dilakukan revisi,  dan modul yang sudah dihasilkan adalah Pegadaan Bahan Pustaka, Pengelolaan Terbitan Berseri dan yang terakhir adalah Pengolahan Bahan Pustaka.   Selain itu, pada tahun 2008  atas prakarsa sahabat karibku yaitu  Ir. Ida Nurlaela, MSc. telah membuat tulisan hasil karya bertiga yaitu Yati, Yuyu, dan Ida , yang merupakan reuni teman seangkatan di IPB(ANTIME IPB 74) dengan judul “Taman Sayur” yang telah diterbitkan oleh Penerbit Penebar Swadaya.

Dari hasil perkawinan dengan dr. Surahman Sjah Samsudin, telah dikaruniai tiga orang anak, yaitu Nur Sulianti SP, Muhammad Aldi Setiawan, S.Pi, dan Nur Gifarani Pratiwi, S.Ked.  Saat ini baru dikaruniai satu orang cucu laki-laki berumur hampir dua tahun dari anak pertama, sedangkan anak ke dua dan ketiga sedang melanjutkan pendidikan.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.